calendario

Selasa, 05 Maret 2013

manfaat membaca al-qur'an


Manfaat Membaca Al Qur'an


Al’quran adalah kitab suci umat islam yang seklaigus pedoman hidup bagi umat muslim tetapi berapa sering anda untuk membaca kitab suci Al’quran tersebut?, apakah anda selalu membacanya setelah selesai menjalankan sholat 5 waktu?,
Selain mendekatkan diri dengan yang maha Esa membaca al’quran juga dapat memberikan kita kenikmatan tersendiri bagi yang sering melakukannya. Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam Al’quran apabila kita sering mengamalkannya selain kita mendapatkan pahala yang lebih karena membaca kitab suci Al’quran.
Banyak ayat Al’quran yang mengisyaratkan tentang pengobatan karena Al’quran itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan Rahmat bagi orang-orang yang mukmin. Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al’quran yaitu “Asysyifâ” yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh. Di samping Al’quran mengisyaratkan tentang pengobatan juga menceritakan tentang keindahan alam semesta yang dapat kita jadikan sebagai sumber dari pembuat obat- obatan.
Dan tidak hanya itu orang yang sering membaca ayat-ayat suci Al’quran pun niscaya akan mendapatkan ketenangan jiwa dan dapat menurunkan depresi, kesedihan, menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang dirasakan orang-orang yang membaca Al’quran.
Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yang besar, kita memiliki Al-Qur’an. Selain menjadi ibadah dalam membacanya, bacaannya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita. Jika mendengarkan musik klasik dapat memengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) seseorang, bacaan Al-Qur’an lebih dari itu. Selain memengaruhi IQ dan EQ, bacaan Al-Qur’an memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).
Berikut merupakan sebagian Manfaat Lainnya dalam Menghafal Dan Membaca Al-Quran :
Dapat meningkatkan ketaqwaan dan Keimanan
Menambah amal, karena setiap membaca 1 huruf al-quran sama dengan 700 kebaikan
Menjadi pengingat kebesaran Alloh SWT
Sebagai pedoman kehidupan sehari-hari
Diangkat derajatnya
Sebagai obat kehidupan karena dapat menghilangkan kegalauan, stres, dan sebagainya.
Kitab Al’quran, tentu saja bukanlah sebuah buku sains ataupun buku kedokteran, namun Alqur’an menyebut dirinya sebagai ‘penyembut penyakit’, yang oleh kaum Muslim diartikan bahwa petunjuk yang dikandungnya akan membawa manusia pada kesehatan spiritual, psikologis, dan fisik.
Kesembuhan menggunakan Alqur’an dapat dilakukan dengan membaca, berdekatan dengannya, dan mendengarkannya. Membaca, mendengar, memperhatikan dan berdekatan dengannya ialah bahwasanya Alqur’an itu dibaca di sisi orang yang sedang menderita sakit sehingga akan turun rahmat kepada mereka.
Alqur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berisikan firman-firman Allah. Banyak sekali nasihat-nasihat, berita-berita kabar gembira bagi orang yang beriman dan beramal sholeh, dan berita-berita ancaman bagi mereka yang tidak beriman dan atau tidak beramal sholeh.
Maka, alqur’an berisikan ucapan-ucapan yang baik, yang dalam istilah Alqur’an sendiri, ahsan alhadits. Kata-kata yang penuh kebaikan sering memberikan efek auto sugesti yang positif dan yang akan menimbulkan ketenangan.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang telah membacanya dan dapat berguna untuk orang lain.  (Chairul Rozi)
 
Sumber :
http://pengabdian.com/manfaat-membaca-alquran.html
http://www.kucoba.com/2012/09/manfaat-membaca-al-quran.html
http://marufamir.blogspot.com/2012/06/inilah-manfaat-ilmiah-membaca-al-quran.html
http://www.anneahira.com/bacaan-ayat-suci-al-quran.htm
http://wikaprima.wordpress.com/info-kesehatan/%E2%80%9Cmanfaat-membaca-al-qur%E2%80%99an-dan-kesehatan%E2%80%9D/ 
http://www.pantonanews.com/3064-manfaat-membaca-al-quran
Sumber Gambar:
http://www.onislam.net/english/reading-islam/understanding-islam/belief/revelation/460216-how-to-benefit-from-the-quran-.htm

0 komentar:

Posting Komentar